Rabu, 10 Mei 2023

Cara Memancing Ikan Patin 2023

initeknikmancing | Patin adalah salah satu jenis ikan yang banyak disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Ikan ini juga banyak sekali diincar oleh orang-orang yang hobi memancing. Anda yang ingin sekali memancing ikan ini, pastikan Anda harus tahu trik atau Cara Mancing Ikan Patin yang benar.

Tanpa trik dan Tips Mancing, Anda kemungkinan akan sulit menangkap ikan patin mengingat ikan ini cukup aktif. Ikan patin sendiri sering sekali diperlombakan dalam kompetisi memancing. Penasaran bagaimana Trik mancing ikan patin siang hari atau waktu lainnya? Berikut ulasannya.

Cara Mancing Ikan Patin




Ikan patin banyak diminati oleh orang-orang yang hobi memancing karena ukuran ikan ini cukup panjang. Selain itu ikan ini juga atraktif jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Berikut adalah trik untuk Anda yang ingin menaklukkan ikan patin :

Gunakan Glosor atau Pelampung

Cara mancing ikan Patin pertama adalah, Gunakanlah glosor atau pelampung sebagai rangkaian utama alat untuk memancing ikan patin. Anda  bisa menggunakan 1 mata kail berukuran kecil dengan menambahkan timah pemberat pada glosor Anda.

Ikatkan Pancing ke Kenur Pandu

Jika Anda adalah tipe orang yang suka memancing dengan menggunakan pelampung, maka pastikan jarak antara kail ke pelampungnya ini harus memiliki kedalaman yang sama dengan waduk ataupun sungai.

Hal ini bertujuan agar umpannya ini bisa benar-benar menyentuh ke dasar waduk atau sungai. Nah, cara agar Anda tahu kedalaman antara kail dan waduk, maka Anda bisa mengikatkan pancing Anda ke kenur pandu sepanjang 7 cm. Setelah itu ikatkan kenur pandu Anda ke kili-kili.

Tambahkan Timah Pemberat


Teknik mancing ikan Patin selanjutnya, tambahkan timah yang berukuran berat di bagian senar utama alat pemancing Anda. Gunakan bentuk timah yang memiliki lubang di bagian tengah.
Gunakan Karet Stopper untuk Menjaga Timah

Jika timah telah terpasang ke rangkaian alat pancing Anda, maka gunakanlah sebuah karet stopper pada bagian senar. Hal ini bertujuan agar timah tidak berlarian dan lepas dari kili-kili.

Hentakkan Alat Pancing Anda Jika Senar Bergerak

Ketika semua rangkaian alat pancing Anda telah jadi, maka segera lempar ke dalam sungai. Namun ingatlah, ikan patin ini tidak akan mudah terpancing dengan umpan, jadi Anda perlu bersabar.

Namun jika  senar Anda bergetar, maka segeralah hentakkan alat pancing Anda. Jangan sampai terlambat sebab ikan patin sangat peka. Terlambat sedikit saja, maka umpan yang Anda berikan akan terbuang dengan sia-sia.

Sesuaikan Drag dengan Ukuran Senar


Cara Mancing Ikan Patin berikutnya, Jika Anda ingin menargetkan ikan patin dengan ukuran besar,maka Anda bisa menyesuaikan pengaturan drag dengan ukuran senar yang ada. Hentakan alat pancing Anda yang bisa jadi tidak akan kuat untuk menarik ikan patin dengan ukuran besar.

Jadi, sesuaikanlah drag dengan senat Anda, semakin sesuai, maka akan semakin mudah Anda mengatasi perlawanan ikan patin, sebesar apapun ukurannya.

Siapkan Alat Serok

Rahasia memancing ikan patin selanjutnya adalah menyiapkan alat serok. Apabila alat pancing Anda dirasa masih kurang kuat dalam menghadapi perlawanan ikan patin, dan khawatir senar Anda terputus, maka siapkan alat serok.

Jadi, jika ikan patin dirasa sudah terkait dengan kail dan hampir tertangkap namun senar tidak cukup kuat untuk menarik, gunakan serok untuk mengambil ikan. Jangan pernah Anda memegang senar pancing untuk mengangkat ikan patin karena itu bisa membahayakan tangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini Teknik Mancing

initeknikmancing  -  Mancing adalah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai. Namun, untuk mendapatkan ha...