Rabu, 26 Juli 2023

8 Teknik Memancing Ikan Agar Cepat Dapat Banyak, Perhatikan Langkahnya

initeknikmancing | Memancing merupakan aktivitas untuk mengisi waktu luang yang menyenangkan. Selain itu, saat berhasil mendapatkan ikan juga akan menjadi kepuasan tersendiri bagi si pemancing.

Namun lain halnya dengan pemula, memancing biasanya menjadi hal yang rumit dan tak semudah yang dibayangkan. Mulai dari peralatan yang dibutuhkan, memilih umpan, hingga teknik memancing. Belum lagi, beda tempat atau lokasi pemancingan, beda juga alat dan teknik yang digunakan.

Bagi pemula, sebenarnya ada beberapa teknik memancing ikan agar cepat dapat banyak. Hal itu tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang harus dipenuhi sebelum melakukan aktivitas memancing. Dilansir dari Wikihow, berikut ini kami telah rangkum 8 teknik memancing ikan agar dapat banyak ikan dalam waktu singkat:


1. Teknik Flying Lining

Cara memancing pertama yang bisa dipelajari adalah flying lining. Teknik pancing ikan ini biasanya menggunakan ikan hidup atau live bait sebagai umpan yang diikat dengan balon. Beberapa jenis ikan yang bisa dijadikan live bait adalah ikan kembung, ikan selar, ikan tembang, hingga baby barracuda.

Cara memancing menggunakan teknik ini ialah membiarkan umpan berenang menjauhi kapal. Tahapan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari titik terbaik saat menunggu ikan yang hendak memangsa umpan.

Umumnya ikan yang dijadikan target, seperti ikan tenggiri ataupun barakuda akan langsung menyambar umpan tersebut. Kita tak perlu panik jika pergerakan ikan membuat lokasi si pemancing bergeser sekitar 1-2 meter dari live bait. Balon yang tadinya diikatkan pada live bait berguna agar ikan tidak berenang ke bawah sehingga dapat ditangkap dengan mudah.

2. Teknik Bottom Fishing

Cara memancing ikan berikutnya adalah bottom fishing yang menjadi teknik dasar sekaligus paling umum digunakan oleh para pemancing pemula karena sangat sederhana. Gaya ini hanya membutuhkan rangkaian dasar pancing yang kemudian diberi umpan. Setelah itu, umpan dilemparkan ke dalam air dan menunggu hingga ada ikan yang menyambar.

Metode memancing yang juga dikenal dengan sebutan mancing dasaran ini menggunakan joran dilengkapi reel spinning atau overhead reel. Bahkan, kita juga bisa menggunakan tangan kosong. Namun, teknik ini membutuhkan pemberat seperti besi ataupun timah, tergantung dari kencangnya arus perairan lokasi memancing.

3. Teknik Negek

Teknik ini lebih sering digunakan untuk memancing ikan baronang. Selain negek, masyarakat mengenal teknik ini dengan ngegarong. Sebab, sebagian besar orang memilih menggunakan mata kail yang berbentuk seperti matahari atau garong.

Memancing dengan teknik negek biasanya menggunakan umpan berupa lumut laut. Selain itu, nasi atau umpan lain yang sesuai dengan jenis makanan baronan pun bisa digunakan. Menariknya, umpan tersebut tidak ditempelkan pada pancing, melainkan dijepit di atas garong.

4. Teknik Trolling

Teknik memancing ikan dengan cara trolling ini lebih sering digunakan ketika memancing dari kapal berjalan pada kecepatan antara 5 sampai 7 knot. Umpan yang digunakan bernama rapala yang merupakan umpan buatan untuk memancing ikan tenggiri ataupun wahoo.

Jenis umpan lain yang sering digunakan adalah konehead dengan bentuk seperti cumi, tetapi warnanya sangat mencolok. Berbeda dengan rapalakonehead khusus digunakan untuk memancing ikan layaran, ikan marlin, ataupun lemadang.

Biasanya, para pemancing profesional memastikan jarak umpan dari kapal sekitar 10 hingga 20 meter sesuai ukuran umpan yang digunakan. Selain itu, joran trolling yang dipilih adalah tipe overhead dengan posisi reel tepat di sisi atas joran. Sementara bagian bult joran trolling terdiri dua jenis yang berbeda, yaitu straight (lurus) dan bent (bengkok).

5. Teknik Popping

Popping dikenal sebagai metode memancing ikan yang khas karena harus melempar popper dan memainkannya di atas permukaan air. Popper juga harus ditarik berulang-ulang supaya air memercik untuk menarik perhatian ikan yang ditargetkan.

Umpan popper biasanya berupa umpan buatan atau artificial bait yang terbagi lagi dalam tiga jenis, yaitu pencil, stickbait, dan chugger. Teknik ini sangat populer di kalangan pemancing profesional karena mampu memikat predator berukuran besar dan daya kejut ikan sehingga ikan berenang sangat cepat dan membuat reel berputar kencang.

Spot memancing dengan teknik popping ini cukup bervariasi, mulai dari spot rig, atol, hingga pulau karang yang menargetkan ikan tenggiri, ikan giant trevally, ikan yellowfin tuna dan lain sebagainya.

6. Teknik Fly Fishing

Teknik selanjutnya adalah fly-fishing yang dilakukan dengan cara melempar umpan menggunakan joran dan reel fly fishing. Cara menangkap ikan ini mengaplikasikan casting yang berbeda dengan casting pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini Teknik Mancing

initeknikmancing  -  Mancing adalah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai. Namun, untuk mendapatkan ha...